- Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning)
- Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukkan sebagai strategi utama.
- Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan
- Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video
Selasa, 11 Juni 2013
IMPLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Sejarah IT
dan internet tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Internet di Amerika
mulai tumbuh dari lingkungan akademis (NSFNET). Demikian pula Internet di
Indonesia mulai tumbuh di lingkungan akademis (UI dan ITB), dan perlu
diperbanyak lagi cerita tentang manfaat internet bagi bidang pendidikan.
Adanya
internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap
sumber informasi bukan menjadi masalah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu
sumber informasi yang mahal harganya. Adanya internet memungkinkan seseroang di
Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Mekanisme
akses perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan program khusus, aplikasi
telnet atau melalui web browser (Netscape dan Internet Explorer). Sudah banyak
tentang pertolongan internet dalam penelitian, tugas akhir. Tukar menukar
informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui internet. Tanpa
adanya internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu
yang lebih banyak untuk diselesaikan.
Kerjasama
antar pakar dan juga mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat
dilakukan dengan lebih mudah. Saat ini hal tersebut dapat dilakukan dari rumah
dengan mingirimkan email, tidak seperti dahulu seseorang harus berkelana atau
berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah.
Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui
internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring.
Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi. Sharring information juga
sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent
the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga
penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses
pengembangan ilmu dan teknologi.
Globalisasi
telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan
tatap muka yang konvensional kea rah pendidikan yang lebih terbuka. Sebagai
contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning” Dengan masuknya
pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan
dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja dan
kompetitif.
Kecenderungan
dunia pendidikan di Indonesia mendatang adalah:
E-Learning
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia
pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan layanan tanpa
harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space
atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang mutakhir
adalah berkembangnya apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran
maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Istilah lain yang makin popular saat ini adalah “e-learning” yaitu suatu
model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi
khususnya internet. Menurut Rosenberg (2001;28), e-learning merupakan
satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam
jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria yaitu:
1.
E-learning merupakan jaringan dengan kemampuan
untuk memperbaharui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau
informasi
2.
Pengiriman
samapi ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan teknologi
internet yang standar,
3.
Memfokuskan
pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di balik paradigma
pembelajaran tradisional.
Dengan
adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan,
maka saat ini sudah dimungkinkan untuk belajar jarak jauh dengan menggunakan
media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat
nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah,
mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya sudah
dapat dilakukan.
Saat
ini e-learning telah berkembang dalam berbagai model pembelajaran yang
berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti:
1.
WBT (Web
Based Training),
2.
LCC
(Learner-Cemterted Classroom),
3.
CBI
(Computer Based Instruction),
4.
Curricie,
5.
ACT
(Adaptive Computer Testing)
Distance
Learning (online)
Pendidikan jarak jauh adalah
sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara
terpisah dari aktivitas belajar. pemisah kedua kegiatan tersebut dapat berupa
jarak fisik, misalnya karena peserta ajar bertempat tinggal jauh dari lokasi
institusi pendidikan. pemisah dapat pula jarak non-fisik yaitu berupa keadaan
yang memaksa seseorang yang tempat tinggalnya dekat dari lokasi institusi
pendidikan namun tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di institusi
tersebut. Keterpisahan kegiatan pengajaran dari kegiatan belajar adalah ciri
yang khas dari pendidikan jarak jauh sistem pendidikan jarak jauh merupakan
suatu alternatif pemerataan kesempatan dalam bidang penddikan. sistem in dapat
mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar
yang berkualitas. pada sistem pendidikan pelatihan ini tenaga pengajar dan
peserta didik tidak harus berada dalam lingkungan geografi yang sama.
Tujuan
dari pembangunan sistem ini antara lain menerapkan aplikasi-aplikasi pendidikan
jarak jauh berbasis web pada situs-situs pendidikan jarak jauh yang
dikembangkan di lingkungan di Indoensia yakni bekerja dengan sama mita-mitra
lainnya. Secara sederhana dapat dipahami sistem ini terdiri dari kumpulan
aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan
pendidikan jarak jauh hingga penyampaian materi pendidikan jarak jauh tersebut
dapat dilakukan dengan baik. sarana peunjang dari pendidikan jarak jauh ini
adalah teknologi informasi. kemunculan teknologi informasi dan komunikasi pada
pendidikan jarak jauh ini sangat membantu sekali. Seperti dapat dilihat, dengan
munculnya berbagai pendidikan secara online, baik pendidikan formal atau
non-formal, dengan menggunakan fasilitas internet. pendekatan sistem pengajaran
yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengajaran secara langsung (real
time) ataupun dengan cara menggunakan sistem sebagi tempat pemusatan
pengetahuan (knowledge).
Suatu
pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai
berikut:
1.
Pusat kegiatan siswa, sebagai suatu community web based distance learning
harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana
mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi
dan sebagainya.
2.
Interaksi dalam grup; para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group
ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3.
Sistem administrasi mahasiswa, dimana para mahasiswa dapat melihat informasi
mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
4.
Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan
tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta
melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi
oleh web based distance learning.
5.
Perpustakaan digital; pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan,
tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara,
gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk
database.
6.
Materi online diluar mata kuliah; untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga
bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat
langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada
mahasiswa lainnya melalui web.
Di
Indonesia yang telah melakukan pembelajaran sistem distance learning ini adalah
Universitas Terbuka yang berlokasi di daerah Pondok Cabe. Untuk informasi lebih
lanjut dapat dibuka situs http://ut.ac.id.
Cyber University/Virtual University
Cyber
university atau
virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Cyber
university atau virtual university memiliki karakteristik yang scalable,
yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Cyber
university/virual universitydistance learning yang memberikan gelar (degree
kepada pesertanya). Menggunakan komputer dan jaringan komputer (internet) untuk
melaksakan fungsinya. merupakan format
Perangkat
cyber university/virtual university adalah:
Ø
Koleksi materi dalam format digital, contoh: silabus, textbook, eBooks.
Ø
Bulletin/discussion board untuk diskusi secara asinkron
Ø
Chat room untuk diskusi real-time/sinkron (tutorial/kerja
kelompok)
Cyber
university/virtual university
memiliki dampak positif yaitu dimana dengan cyber university dapat
menghubungkan beberapa universitas untuk sharring resources,
meningkatkan kemampuan dan kualitas bersama serta tidak adanya batasan wilayah.
Selain
dampak positif cyber university/virtual university juga memiliki dampak
negataif diantaranya:
Ø
Kurangya ketersediaan materi pengajaran dalam Bahasa Indonesia. Inisiatif
beberapa cyber university di Indonesia lebih banyak menggunakan materi dari
luar negeri.
Ø
Akses internet belum merata dan masih relatif mahal di beberapa tempat.
Ø
Guru, dosen atau staf pengajar belum siap. Untuk itu perlu ada upaya untuk
meningkatkan kemampuan guru, dosen atau staf
Ø
Proses belajar cara baru membutuhkan waktu untuk belajar, ada learning process
yang harus dilalui.
Ø
Perijinan menyangkut standar mutu.
Perpustakaan Digital/Digital Library
Di
indonesia teknologi informasi baru berkembang satu setengah dasawarsa terakhir,
sedangkan pada perpustakaan baru terlihat secara signifikan pada pertengahan
terakhir tahun 1990-an jumlah perpustakaan yang memanfaatkan untuk pembuatan
catalog tercetak juga masih sangat sedikit. hal yang sangat menggembirakan
adalah respon teknologi yang dikembangkan oleh perpustakaan IPB Bogor. Ia
mengembangkan perangkat lunak CDS/ISIS dengan berbagai proses modifikasi yang
selanjutnya mengadakan kerjasama pemasangan sistem perangkat lunak tersebut.
Pada
tahun 2000-an, perkembangan dan kemajuan teknologi yang pesat menantang
pustakawan dan staf ataupun pusat-pusat infomasi untuk berbenah diri, karena
tanpa respon yang positif terhadap teknologi, mereka akan ditinggalkan oleh
pemakai dan tergilas oleh derasnya informasi. sebagian besar perpustakaan, baik
perpustakaan umum, sekolah, perguruan tinggi dan perpustakaan khusus telah
membuka jaringan internet yang memungkinkan akses keseluruh dunia dan melakukan
diskusi ataupun seminar jarak jauh. Hal ini juga terkait dengan banyaknya
perpustakaan pada era teknologi ni memanfaatkan bebarapa perangkat lunak yang
ada dipergunakan untuk sistem pelayanan. sistem pelyanan yang cepat, mudah dan
akurat dapat membantu para pemakai.
Perpustakaan
digital adalah sebuah sistem yang memiliki berbagai layanan dan obyek informasi
yang mendukung akses obyek inforamsi tersebut melalui perangkat digital.
Layanan ini diharapkan dapat mempermudah pencarian informasi di dalam koleksi
obyek inforamsi seperti dokumen, gambara dan database dalam format digital
dengan cepat, tepat dan akurat.
Dengan
adanya perpustakaan digital terdapat 2 dampak yaitu dampak positif dan
negative. Dampak positifnya adalah memungkinkan seseorang di Indonesia untuk
mengakses perpustakaan di berbagai negara, dapat membantu peneliti dalam
peneyelesaian penelitian, dan terjadinya tukar menukar informasi atau tanya
jawab dengan pakar.
Sedangkan
dampak negatifnya adalah terjadinya plagiat, tidak adanya lisensi hak cipa dan
sumber daya manusia belum siap akan kebutuhan digital library yang sangat
dibutuhkan.
Contoh
situs perpusakaan digital di Indonesia yaitu www.lib.ui.edu,
http://pustaka.bl.ac.id, http://digilib.tarumanegara.ac.id.
Dalam
era global, penawaran beasiswa muncul di internet. Bagi sebagian besar
mahasiswa di dunia, uang kuilah untuk memperoleh pendidikan yang terbaik
umumnya masih dirasakan mahal. Amat disayangkan apabila ada mahasiswa yang
pandai di kelasnya tidak dapat meneruskan sekolah hanya karena tidak mampu
membayar uang kuliah. Informasi beasiswa merupakan kunci keberhasilan dapat
menolong mahasiwa yang berpotensi tersebut.
Meskipun
teknologi informasi komunikasi dalam bentuk komputer dan internet telah
terbukti banyak menunjang proses pembelajaran secara lebih efektif dan
produktif, namun disisi lain masih banyak kelemahan dan kekurangan. Dari sisi
kegairahan kadang-kadang mahasiswa/siswa lebih bergairah dengan internetnya itu
sendiri dibandingkan dengan materi yang dipelajari. Dapat juga terjadi proses
pembelajaran yang terlalu bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran
yang bersifat sosial. Dari aspek informasi yang diperoleh, tidak terjamin
adanya ketepatan informasi dari internet sehingga sangat berbahaya kalau
mahasiswa/siswa kurang memiliki sikap kritis terhadap informasi yang diperoleh.
Bagi mahasiswa/siswa dasar penggunaan internet yang kurang proporsional dapat
mengabaikan peningkatan kemampuan yang bersifat manual seperti menulis tangan,
menggambar, berhitung, dan sebagainya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Coin Casino - Best Online Casino in Asia - ChoGiocasino
BalasHapusChoose our casino game and play for カジノ シークレット real money. ➤ Enjoy the best bk8 online casino games at ChoGiocasino!⭐ Best Online Casino in Asia. ➤ 코인카지노 Best Online Casino in