Selasa, 11 Juni 2013
PENGERTIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Pengertian
Teknologi Pendidikan Sebelum membahas teknologi pendidikan terlebih dahulu
perlu diketahui pengertian teknologi. Kata Teknologi seringkali oleh masyarakat
diartikan sebagai alat elektronik. Tapi oleh ilmuwan dan ahli filsafat ilmu
pengetahuan diartikan sebagai pekerjaan ilmu pengetahuan untuk memecahkan
masalah praktis. Jadi teknologi lebih mengacu pada usaha untuk memecahkan
masalah manusia. Menurut Yp Simon (1983), teknologi adalah suatu displin
rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah.
Menurut (An) Teknologi tidak perlu menyiratkan penggunaan mesin, akan tetapi
lebih banyak penggunaan unsur berpikir dan menggunakan pengetahuan ilmiah.
Menurut Paul Saetiles (1968). Teknologi selain mengarah pada permesinan,
teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan
bukan manusia. Pengertian Teknologi Pendidikan diabad ke dua puluh meliputi
lentera pertama proyektor slide, kemudian radio dan kemudian gambar hidup.
Sedangkan abad 19 ke bawah sampai lima belas teknologi lebih diartikan papan
tulis dan buku.
Menurut Prof. Sutomo dan Drs.
Sugito, M.Pd Teknologi Pendidikan adalah proses yang kompleks yang terpadu
untuk menganalisis dan memecahkan masalah belajar manusia/ pendidikan. Menurut
”Mackenzie, dkk” (1976) Teknologi Pendidikan yaitu suatu usaha untuk
mengembangkan alat untuk mencapai atau menemukan solusi permasalahan. Jadi
Teknologi Pendidikan adalah segala usaha untuk memecahkan masalah pendidikan.
Lebih detail dapat diuraikan bahwa: Teknologi Pendidikan lebih dari perangkat
keras. Ia terdiri dari desain dan lingkungan yang melibatkan pelajar. Teknologi
dapat juga terdiri segala teknik atau metode yang dapat dipercaya untuk
melibatkan pelajaran; strategi belajar kognitif dan keterampilan berfikir
kritis. Belajar teknologi dapat dilingkungan manapun yang melibatkan siswa
belajar secara aktif, konstruktif, autentik dan kooperatif seta bertujuan.
Macam-Macam
Teknologi Pendidikan
Macam-macam
Teknologi Pendidikan Dalam inovasi pendidikan tidak bisa lepas dengan masalah revolusi
metode, kurikulum yang inovatif, teknologi serta SDM yang kritis untuk bisa
menghasilkan daya cipta dan hasil sekolah sebagai bentuk perubahan pendidikan.
Sekolah harus mempunyai orientasi bisnis pelanggan yang memiliki daya saing
global. Untuk itu ada lima teknologi baru yang dapat menciptakan sistem
pendidikan yang lebih baik.
Lima
macam Teknologi, diantaranya :
Teknologi yang pertama : Sistem berpikir Sistem berpikir
menjadikan kita untuk lebih hati-hati dengan munculnya tiap mode di dunia pendidikan.
Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perubahan yang tidak kita inginkan.
Tanpa sistem berpikir kita akan sulit untuk mengadakan peningkatan riil di
bidang pendidikan. Jadi sistem berpikir menghadirkan konsep sistem yang umum,
dimana berbagai hal saling terkait.
Teknologi yang kedua: Desain sistem Desain sistem adalah
teknologi merancang dan membangun sistem yang baru. Perubahan yang dimaksud
adalah perubahan yang cepat yang meningkatkan harapan. Desain sistem memberi
kita peralatan untuk menciptakan suatu sistem yang baru dan suatu strategi
untuk perubahan.
Teknologi yang ketiga: Kualitas pengetahuan Mutu atau
kualitas pengetahuan merupakan teknologi yang memproduksi suatu produk atau
jasa/ layanan yang sesuai harapan dan pelanggan. Ilmu pengetahuan yang
berkualitas telah menjadi alat yang sangat berharga dalam inovasi pendidikan/
sekolah.
Teknologi yang keempat : Manajemen Perubahan Manajemen
perubahan adalah suatu cara untuk memandu energi kreatif ke arah perubahan
positif. Dapat juga diartikan sistem pemikiran yang berlaku untuk aspek
manajemen inovasi tentunya dengan berorientasi pada POAC (Perencanaan,
Organisasi, Aktualisasi dan Kontrol).
Teknologi yang kelima : Teknologi pembelajaran Disini ada
dua bagian yaitu peralatan Pelajar elektronik (Komputer, multimedia, Internet,
telekomunikasi), dan pembelajaran yang didesain, metode dan strateginya
diperlukan untuk membuat peralatan elektronik yang efektif. Pelajaran
elektronik ini mengubah cara mengkomunikasikan belajar. Jadi teknologi pembelajaran
adalah sistem pemikiran yang berlaku untuk instruksi dan belajar. Kelima
teknologi tersebut merupakan suatu keterpaduan untuk menuju inovasi pendidikan
sehingga dalam memecahkan masalah pendidikan perlu kombinasi peralatan/ alat
elektronik, orang-orang, proses, manajemen, intelektual, untuk perubahan yang
efektif.
Tiga
macam teknologi pendidikan Macam-macam teknologi pendidikan menurut Davies
(1972) ada tiga yaitu:
1. Teknologi
pendidikan satu yaitu mengarah pada perangkat keras seperti proyektor,
laboratorium, komputer (CD ROM, LCD, TV, Video dan alat elektronik lainnya).
Teknologi mekanik ini dapat mengotomatiskan proses belajar mengajar dengan alat
yang memancarkan , memperkuat suara, mendistribusikan, merekam dan mereproduksi
stimuli material yang menjangkau pendengar/ siswa dalam jumlah yang besar. Jadi
teknologi satu ini efektif dan efisien.
2. Teknologi pendidikan dua mengacu
pada ”perangkat lunak” yaitu menekankan pentingnya bantuan kepada pengajaran.
Terutama sekali dalam kurikulum, dalam pengembangan instruksional, metodologi
pengajaran, dan evaluasi. Jadi teknologi dua, menyediakan keperluan bagaimana
merancang yang baru atau memperbarui yang sekarang, bermanfaat pada pengalaman
belajar Mesin dan mekanisme dipandang sebagai instrumen presentasi atau
transmisi.
3. Teknologi pendidikan tiga, yaitu kombinasi
pendekatan dua teknologi yaitu “peragkat keras“ dan perangkat lunak”. Teknologi
pendidikan tiga, orientasi utamanya yaitu ke arah pendekatan sistem, dan
sebagai alat meningkatkan manfaat dari apa yang ada di sekitar. Teknologi
pendidikan tiga dapat dikatakan sebagai pendekatan pemecahan masalah, titik
beratnya dalam orientasi diagnostik yang menarik. Dari ketiga macam tekonologi
di atas dapat dikatakan bahwa teknologi pendidikan dalam konteks sebenarnya
adalah tidak hanya mengacu pada perangkat keras saja seperti yang umum
dijadikan sebagai persepsi yang benar, namum juga meliputi perangkat lunak dan
perpaduan keduanya perangkat keras dan lunak.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar